RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolah : SMA Negeri 8
Palembang
Mata
pelajaran : Fisika
Kelas
/ Semester : X / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 45
menit
Standar
Kompetensi :3. menerapkan prinsip kerja
alat-alat optik.
Kompetensi
Dasar :3.1 Menganalisis alat-alat optik
secara kualitatif dan kuantitatif.
Indikator : 1. Menuliskan bagian-bagian mata
dan fungsinya.
2. Menuliskan jenis cacat mata dan penggunaan
kaca mata yang tepat.
3. Menghitung kekuatan lensa untuk rabun
jauh.
4. Menghitung kekuatan lensa untuk rabun
dekat.
5. Menghitung kekuatan lensa untuk mata tua.
I. Tujuan Pembelajaran :
-
siswa dapat memahami prinsip kerja secara kualitatif dan kuantitatif.
II. Materi pembelajaran : Mata dan Kaca Mata
III.
Metode pembelajaran : Metode tanya jawab /
diskusi.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan
awal (10 menit)
-
Apersepsi : tuliskan kesamaan hubungan fokus, jarak
benda dan jarak bayangan
-
Motivasi : dimanakah letak bayangan yang
dilihat oleh mata untuk yang normal ?
b. Kegiatan
inti ( 50 menit )
-
Siswa
melakukan diskusi dan menjawab pertanyaan tentang sebutkan bagian-bagian mata
dan fungsinya
-
Siswa
menuliskan jenis cacat mata
-
Siswa
menghitung kekuatan lensa untuk rabun jauh
-
Siswa
menghitung kekuatan lensa untuk rabun dekat
-
Siswa
menghitung kekuatan untukl mata tua
c. Kegiatan
akhir ( 30 menit )
-
Guru
membimbing siswa menyimpulkan materi yang dipelajari
-
Siswa
mengerjakan soal latihan evaluasi
V.
Alat / Bahan / Sumber belajar /
Media :
1.Buku
pokok (Kaginan Marthen 2008. Fisika sma kelas x. Erlangga. Jakarta).
2.
Buku penunjang (Kamajaya. 2005. Fisika sma kelas x. Grafindo media pratama.
Bandung).
3.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
VI.
Penilaian :
1.
Teknik
penilaian : tertulis
2.
Bentuk
instrumen : isian dan uraian
Soal / Instrumen
1. Titik
dekat seseorang 2 meter, kuat kacamata yang diperlukannya adalah…
Jawab:
Dik:
S (titik dekata mata normal) = 0,25 m
Penye:
Skor: 50
2. Berapa
seorang anak dengan mata rabun jauh memiliki titik jauh 50 cm. tentukan
kekuatan lensa kacamata yang ia gunakan?
Dik:
PR = 50 cm
Dit: f =….?
Penyelesaian:
Skor: 50
Mengetahui, Palembang,
febuari 2012
Guru pamong Mahasiswa PPL
Susi Kartika, S.pd Tri Murni P
NIP. 196403141986012001 NIM.
2008122079
Mengetahui,
Kepala sekolah SMA Negeri
8 Palembang
Drs. H. Imran, MM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar